Ketua Ombudsman ingin penyelenggaraan pelayanan publik sesuai standar
Ia membeberkan, dalam Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, terdapat empat tujuan yang ingin dicapai, salah satunya terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik. "Pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur," kata Najih dalam kegiatan kuliah umum di salah satu kampus di Kalimantan Selatan, Kamis. Lebih lanjut dia membeberkan, terdapat sejumlah komponen standar pelayanan publik yang bisa menjadi acuan. Di antaranya memiliki dasar hukum, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jaminan keamanan dan keselamatan, serta melakukan evaluasi kinerja. Dalam praktik penyelenggaraan negara, para pejabat publik tidak boleh melakukan maladministrasi atau kelalaian administratif yang berdampak kepada kerugian negara maupun masyarakat. "Karena maladministrasi adalah perilaku atau perbuatan melawan hukum, melampaui wewenang, menggunakan wewenang dengan tujuan lain serta lainnya yang menimbulkan kerugian materil atau imateriel bagi negara, masyarakat, dan perseorangan," ujar peraih gelar S3 Doktor Falsafah itu. Najih mengungkapkan, semua perilaku atau perbuatan melawan hukum, kelalaian terhadap pelayanan publik, dan menggunakan wewenang untuk tujuan lain, telah masuk kategori yang bisa diawasi oleh ombudsman sesuai Pasal 1 Ayat 3 UU Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia. Ombudsman RI adalah lembaga negara independen pengawas penyelenggaraan pelayanan publik. Tiga subjek pengawasan ombudsman, yakni pemerintah pusat dan daerah, BUMN/BUMD, serta badan hukum milik negara (BHMN) seperti universitas negeri. Selain itu, badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang menggunakan dana dari APBN/APBD juga menjadi subjek pengawasan ombudsman. Baca juga: Ketua Ombudsman: Dunia kampus bisa bantu mengawasi pelayanan publik Baca juga: Ketua Ombudsman sebut masyarakat bagian dari pengawas pelayanan publik Pewarta: Donny Aditra |
sydney jitu wanwantotobocoran sdy 4d pasti tembus wanwantotobocoran sidney hari ini jitu 4d toto911bocoran sdy dari pusat martabetotodatasdy martabetotocara cak sydney spgtotobocoran sidney hari ini langsung dari pusat martabetotopengeluaran sydney 6d toto9116d sydney toto911sydney hk sgp toto911situs resmi bocoran sydney martabetotoliverpool sdy martabetotobocoran sydney hari ini paling jitu dan akurat wanwantotopengeluarantogelsydney wanwantotosydney akurat martabetotogucci sdy hari ini wanwantotobocoran sidney besok martabetotolives sydney toto911bocoran sydney terbaik martabetotosydney live toto911toto togelagen slot gacoragen togel resmitoto togeltogelslot onlinetoto macauslot onlinertp slotagen togel resmislot online gacor gampang menangslotslot demotogelslotslot gacorslot gacor